Senin, 02 Januari 2012

EKSOTIKA MANDAKARIPURA

Mandakaripura, air terjun yang unik dan eksotik ini terletak dikawasan tengger, desa sapih, Kec.Lumbang, Kab. Probalinggo. Air terjun ini gemuruhnya memang tidak spektakuler, namun lokasinya membentuk ceruk ditebing,  dikelokan yang buntu. Letaknya tersembunyi namun sangat memancarkan kekuatan alam yang luarbiasa indahnya.

          Terdapat liam air terjun di mandakaripura ini. Tiga dapat terlihat dengan jelas, sedangkan dua lagi tersembunyi di balik ait terjun yang lain. Air terjun yang paing besar tingginya 200 meter. Di tengah tebing terdapat lubang menganga yang melintang secara horizontal tepat dibalik air terjun besar tersebut. Penduduk sekitar mempercayai bahwa lubang tersebut adalah tempat Gadjah Mada duduk terperuk dan bersemedi.

          Untuk menuju lokasi mandakaripura diawali dengan jalan yang mulus. Lama-kelamaan jalanan menjadi sempit bahkan sulit juga terdapat dua mobil yang berlawanan arah. Harga tiket masuk setiap orangnya dikenakan Rp2.500. setibanya disana, para pengunjung akan didatangi langsung oleh para penduduk setempat yang menawarkan jasa guide.

          Untuk informasi, mandakaripura ternyata pernah mengalami longsor sehingga pendestrian terputus sehingga mengharuskan para pengunjung turun menyebrang ke sungai berbatu-batu untuk mencapainya. Untuk menyebrang dikenakan biaya Rp30.000 sekali antar.

Ada hal bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Kendaraan yang diparkir akan segera dicuci dan dikenankan bayaran walau tanpa izin dari si pemilik kendraan tersebut. Selain itu, selama perjalanan menikmati air terjun disarankan untuk membawa payung. Hal ini karena air terjun menyirami jalan yang dilalui.

Jika ingin berlibur ke mandakaripura disarankan tidak pada musim penghujan, dikarenakan menghindari kalau-kalau terjadi longsor. 

referensi : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar