Senin, 04 Oktober 2010

PEMASARAN & PENJUALAN . BEDA ATAU SAMA ??

PENDAHULUAN

Pemasaran dewasa ini sering diartikan sebagai penjualan. Padahal jika di analisis lebih mendalam juga dengan memperhatikan pengertian dari pemasaran dan penjualan itu sendiri, pemasaran memeliki pengertian yang lebih luas dari penjualan. Bahkan sebenarnya penjualan merupaan bagian dar pemasaran.

DEFINISI PEMASARAN
pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Philip Kotler, 1995). Sedangkan menurut Wiliam J. Stanton (1978) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen.
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai itu sendiri menentukan harga hasil produksi (barang dan jasa). Pemasaran menjadi pehubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Sebenarnya pemasaran lebih dipandang sebagai seni dibandingkan ilmu. Maka dari itu seorag ahli pemasaran bergantung pada lebih banyaknya keterampilan dibangdingkan ilmu.


Pemasaran dapat juga diartikan sebagai suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Hal ini di karenakan sebelum manusia memenuhi kebutuhannya terlebih dahulu ia harus mengetahui atau menemukan kebutuhan itu sendiri dan itu membutuhkan sebuah interaksi atau usaha guna memenuhi kebutuhan tersebut.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, sehingga konsumen mendapatkan kebutuhan dan keinginan serta kepuasan
DEFINISI PENJUALAN
Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pemebeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan, 1991).

Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982), penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang, agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran.

PERBEDAAN PEMASARAN DAN PENJUALAN

Pemasaran dan penjualan adalah dua proses yang terpisah dan berbeda, namun mereka sangat banyak terkait. Pemasaran hadir untuk mendukung penjualan.

apa perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan? Pemasaran berhubungan dengan pemilihan target pasar,menstimulasi permintaan pasar terhadap pelayanan dan produk dari properti tersebut, termasuk penjualan dan juga beberapa elemen-elemen lainnya seperti: riset, perencanaan - pembuatan dan pelaksanaan strategi, advertensi atau iklan, publikasi dan promosi penjualan. Sedangkan penjualan adalah segala bentuk usaha langsung untuk menjual produk properti sebuah hotel baik melalui kontak personal, tilpon ataupun alat koresponden lainnya.



DAFTAR PUSTAKA

Budiarto Teguh. 1993.Dasar pemasaran. Edisi1.QX Graphic Design.Jakarta

www.google.com

1 komentar:

  1. berarti tidak ada perbedaan, ya.? cuman beda kata aja.? ibarat persamaan kata.?

    BalasHapus