Senin, 25 Oktober 2010

DASAR PEMASARAN


PERILAKU KONSUMEN SAAT INI
Info semakin lengkap (semakin kritis)

PERILAKU KONSUMEN YANG AKAN DATANG
           
Perubahan yang terjadi akibat perilaku konsumen yang semakin kritis akan menimbulkan dampak yang cukup positif bagi pemenuhan kebutuhan konsumen itu sendiri. Sering kita jumpai banyak penipuan-penipuan yang menimpa konsumen akibat dari ulah para tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab yang hanya mencari keuntungan pribadi.

        Namun dengan perilaku konsumen yang semakin kritis membantu komsumen dalam memilih produk yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan. Kemudahan dalam mendapatkan info yang membuat para komsumen semakin kritis dalam menilai suatu produk. Hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen itu sendiri dan juga untuk kehidupaan konsumen yang akan datang. Konsumen selain dibantu dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, kita juga terbiasa untuk hidup lebih selektif dalam proses pemenuhan kebutuhan tersebut.

        Selain memberikan dampak bagi konsumen di masa akan datang, perilaku ini juga memberi dampak bagi produsen (dalam hal ini pemasara atau perusahaan) dalam hal produksi . Selain dari segi kebutuhan, kualitas pun menjadi fokus utama dalam hal produksi. Sifat semakin kritis yang terdapat dam konsumen ini mengharuskan produsen meningkatkan lebih lagi mutu dari produknya. Selain itu juga para produsen harus mampu meyakinkan konsumen akan kelebihan yang dimiliki produknya. Hal ini dapat kita lihat dari layanan konsumen yang sering kita jumpai yang lebih dikenal sebagai suara konsumen. Ini merupakan salah satu cara konsumen untuk mengembangkan pemikirannya untuk  lebih kritis . Hal inilah yang perlu diperhatikan lebih apalagi dengan keadaan konsumen yang semakin kritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar