Selasa, 19 Oktober 2010

SISTEM OPERASI

1.    PENGERTIAN SISITEM OPERASI

Merupakan perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolahan kata dan web. Sistem operasi atau yang juga dikenal dengan nama operating system atau OS ini memiliki pengertian umum sebagai software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer saat komputer itu dinyalakan.

Sistem operasi adalah penghubung antara hardware dan software. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.

            Sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software lain seperti akses ke disk, manajeman memori, scheduling task dan antar-muka user.

Sistem operasi secara umum memiliki beberapa bagian :

·        Mekanisme Boot             :  Meletakan kernel kedalam memori

·        Kernel                             :  Inti dari sebuah sistem operasi

·        Command interpreter       :  Membaca input dari pengguna

·        Pustaka-pustaka       : Menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat di panggil oleh aplikasi lain.

·        Driver                              :  Untuk berinteraksi dengan hardware  eksternal sekaligus untuk mengontrol mereka.

2. MACAM-MACAM SISTEM OPERASI

Terdapat bermacam-macam sistem operai diantaranya :

Ø      LINUX
Suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan diberbagai platform, termasuk prosesor intel 386 dan yang lebih tinggi. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh LINUS TORVALDS (pencipta linux). Namun sekarang linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software bahkan untuk sehari-hari. Saat ini linux juga merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sistem operasi komersial.

Hal yang membedakan linux dengan sistem operasi yang lain adalah  dari segi harga. Linux bisa kita dapatkan secara gratis yang berarti dapat diperbanyak dan didistribusikan kembali tanpa membayar atau free royalti kepada seseorang.



Ø      Symbian OS
Merupakan sistem operasi 32 bit dengan konsep little endian dan berjalan pada beberapa tipe arsitektur mikroprosessor ARM. Symbian ini bekerja dengan prinsip preemptive multitasking.

Symbian memiliki beberapa kelebihan seperti kaya feature, small, platform terbuka untuk aplikasi-aplikasi thrid-party, konektifitas yang baik dengan perangkat lain, platform yang berkembang, long battery life dan dukungan serta komitmen dari pembuat ponsel dunia.

Symbian OS merupakan sebuah sistem operasi yang mengatur seluruh sumber daya yang ada didalam ponsel . symbian sendiri disusun atas 6 komponen yaitu :

ü      KERNEL
Inti dari sistem operasi yang terdiri dari device drive, data tabel, dan program yang memungkinkan user berinteraksi dengan perangkat keras. Kernel berjalan setiap waktu dan mengatur  layanan-layanan yang diberikan kepada user.

ü      MIDDLEWARE
Kumpulan library, data storage dan program yang mengimplementasikan sistem servis.

ü      APPLICATION ENGINE
Komponen ini bertugas melakukan koordinasi untuk mengakses sumber daya yang tidak begitu penting. Application Engine diantaranya : Agenda engine, Contact engine, Sheet engine, Alarm serever dan WorldTime engine, Spell engine dan Help engine.



ü       USER INTERFACE FRAMEWORK
Merupakan faktor utama sebuah ponsel yang menyebabkan ponsel mudah digunakan, mudah dirubah dan diprogram. Dalam system operasi ada dua User Interface dalam frameworknya yang menggunakan komponen yang umum seperti kontrol dan dialog yaitu Uikon dan Eikon
.
ü      SYNCHRONIZATION
            Sinkronisasi dalam Symbian OS diterapkan 3 bagian yaitu Connection manager yang melakukan inisialisasi koneksi antar device dan mendeteksi jikalau ada device yang ingin melakukan koneksi, connectivity server yang mengimplementasikan sesi sinkronisasi seperti file browsing, file sinkronisasi, back and restoration dan file converter yang melakukan transfer data antar format yang berbeda.

ü      JVM
Merupakan salah satu komponen dalam Symbian OS yang untuk perangkat ponsel dikenal dengan KVM (Kilo Virtual Machine).

Ø      WINDOWS
Adalah sistem operasi komputer yang berbasisi GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi sehari-hari.




Ø      MAC OS
Merupakan sistem pengoperasian komputer apple untuk komputer Apple Macintosh. Mac OS ini adalah adalah sistem pengoperasian pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI).

Sistem operasi ini awalnya selain dikenal sebagai sistem juga dikenal sebagai Kontak Perkakas ”Toolbox”. Istilah ini merupakan cara mudah untuk merujuk kepada perkhidmatan sistem operasi dan Macintosh API seterusnya menggalakan penggunaan istilah teknikal (technical jargon).

Teknologi Mac OS diantaranya :

v           QuickDraw            : Model pengimej yang pertama memberikan pasaran pukal WYSIWYG.

v           Finder                    : antarmuka untuk melayari filesystem dan  melancarkan aplikasi

v           MultiFinder             : Menyokong menjalankan lebih dari satu perisai secara serentak .

v           Chooser                 :   Perkakas untuk mencapai network resources.

v           ColorSync              :   Memastikan pemadanan warna yang sesuai .

            Sistem Mac Os dpat dibagi menjadi dua jenis yaitu  pertama Mac OS klasik dimana sistem ini tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS .  Kedua Mac OS X. Sistem ini membawakan pengurusan memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang lebih baik ini memungkinkan lebih banyak perisian berjalan serentak dan hampir menghapus kemungkinan sesuatu perisian meruntuhkan perisian lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar