Senin, 04 Oktober 2010

KEBUTUHAN atau KEINGINAN ??

DEFINISI KEBUTUHAN

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.

DEFINISI KEINGINAN

Keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

CONTOH KEBUTUHAN DAN KEINGINAN

Mungkin bagi sebagian orang, mobil sudah merupakan kebutuhan. Untuk bisa menunjang aktifitasnya yang banyak di luar rumah dan sering bepergian, maka mobil adalah alat transportasi yang menjadi kebutuhan .

Tapi seringkali kita punya keinginan untuk menambah berbagai macam aksesories mobil, bukan sekedar untuk menambah kenyamanan atau kemanan berkendara, tapi biasanya hanya sekedar mempercantik penampilannya saja. Dapat dikatakan itu bukanlah sebuah kebutuhan lagi, melainkan merupakan mejadi sebuah keinginan saja. Dan keinginan ini bisa ditunda kalau semua kebutuhan yang lain sudah terpenuhi dengan baik.

Apalagi memiliki beberapa jenis mobil, padahal kita hanya bisa menggunakannya satu saja. Itu sudah jelas keinginan, sama sekali bukan kebutuhan. Kalau kita sudah bisa membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan maka kita bisa menentukan prioritas, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda.

KESIMPULAN

Jadi sekalipun perbedaan antara KEBUTUHAN dan KEINGINAN sangat tipis namun dengan ilustrasi di atas kita bisa lebih mudah mengenal serta membedakan apa itu KEBUTUHAN dan KEINGINAN. Dengan begitu pula kita bisa mengetahui mana yang jadi prioritas dalam hidup kita.

(Sumber dari artikel berjudul ”Kebutuhan VS Keinginan, oleh: Ahmad G. )

2 komentar:

  1. ijin copas buat tugas marketing......hehehehehehe

    BalasHapus
  2. boleh temenan gak....sms me 089685491922....ato FB : yudha cheesta....


    heheheheh

    BalasHapus