Selasa, 19 Oktober 2010

pemasaran dan pasar

DASAR PEMASARAN

PENDAHULUAN

            Sudah cukup lama bahkan dewasa ini pun pemahaman tentang pengertian pemasaran sering disalah artikan. Hal ini yang mendasrai dibuatnya makala ini juga sekaligus sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut dalam hal pemahaman pengertian dari pemasaraan itu sendiri . 

PENGERTIAN PEMASARAN

            Merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai itu sendiri menentukan harga hasil produksi (barang dan jasa). Pemasaran menjadi pehubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Sebenarnya pemasaran lebih dipandang sebagai seni dibandingkan ilmu. Maka dari itu seorag ahli pemasaran bergantung pada lebih banyaknya keterampilan dibangdingkan ilmu.
            Nilai ekonomi yang tercipta dari kegiatan pemasaran tersebut memiliki faktor penting didalamnya yaitu produksi, pemasaran dan komsumsi. Selain itu pula di dalam pemasaran terdapat Bauran Pemasaran atau yang lebih dikenal sebagai komponen dalam pemasaran. Bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu :
1.      Produk (Product)
2.      Harga (Price)
3.      Tempat (Place)
4.      Promosi (Promotion)



Pemasaran dapat juga diartikan sebagai suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Hal ini di karenakan sebelum manusia memenuhi kebutuhannya terlebih dahulu ia harus mengetahui atau menemukan kebutuhan itu sendiri dan itu membutuhkan sebuah interaksi atau usaha guna memenuhi kebutuhan tersebut.

Banyak para ahli yang memiliki pengertian atau definisi tentang pemasaran. Namun definis yang paling sesuai adalah :

“Pemasarn adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatakan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).”

Definisi ini didasarkan pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginann (wants), dan permintaan (demands).

KONSEP PEMASARAAN
           
            Saat ini konsep pemsaraan mengalami perkembangan yang semakin maju sejalan dengan majunya masyarakat dan teknologi. Hal ini didasari tidak lagi berorientasinya perusahaan pada pembeli saja, akan tetapi juga pada masyarakat atau manusia.

            Terdapat tiga faktor penting sebagai dasra dalam konsep pemasaran yaitu :

Ø     ORIENTASI KONSUMEN

Jika perusahaan ini menerapkan orientasi konsumen maka perusahaan perlu menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi, memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan, menentukan produk dan program pemasaran, mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan sikap serta tingkah laku mereka.

Ø     KOORDINASI DAN INTEGRASI DALAM PERUSAHAAN

Dalam memberikan kepuasan kepada konsumen, semua elemen yang ada harus terintegrasikan. Hindari adanya perentangan antara perusahaan dan pasar(konsumen). Jadi setiap orang dan bagian dalam perusahaan turut serta dalam suatu upaya yang terkoordinir untuk memberikan kepuasaan konsumen sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Ø     MEDAPATKAN LABA MELALUI PEMUASAN KONSUMEN

Sebenarnya laba merupakan tujuan umum dari setiap perusahaan. Banyak juga perusahaan yang memiliki tujuan lain disamping laba itu sendiri. Dengan konsep pemasran yang ketiga ini, hubungan antar perusahaan dan konsumen akan dapat diperbaiki yang pada akhirnya akan menguntungkan bagi perusahaan.

PENGERTIAN PASAR

            Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Pasar terdiri atas pembeli  yang berbeda dalam banyak hal termasuk kebutuhan dan waktu pemenuhan. Maka dari itu pasar dapat diartikan sebagai orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, mempunyai uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.
           




KESIMPULAN
            Dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa antara pemasaran dengan pasar memiliki hubungan yang saling berkaitan. Hal ini dapat diihat dari pengertian masing-masing antara pasar dan pemasaran dimana pasar memiliki pengertian sebagi konsumen pribadi atau dapat dikatakan sebagai tempat dimana pemasran (pihak yang melakukan pemasaran) dapat memcapai tujuan dari perusahaan mereka . sedangkan dari sudut pandang konsumen pasar adlah sebuah tempat dimanan mereka mendapatakan hal untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jadi dalam hal ini pasar bukan lagi sekedar tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar