Rabu, 04 Juli 2012

FAKTOR KERAPUHAN TULANG


Masa muda adalah masa dimana proses pembentukan sel tulang muda dari pada penghancuran tulang tua. Hal ini bisa jadi disebabkan karena pada masa ini asupan makanan bergizi jauh lebih banyak dikarenakan pada masa ini adalah masa pertumbuhan. Semakin tinggi kepadatan tulang semakin kecil kemungkinan untuk menderita osteoporosis.
Osteoporosis ialah suatu keadaan yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Penyakit ini biasanya menyerang mulai usia 30 tahun karena pada usia inilah kepadtaan tulang mulai menurun. Namun perlu diketahui, penyakit ini datang bukan sekedar karena usia yang bertambaha tua dan menyebabkan kondisi kesehatan seseorang tidak sekebal sat ia muda. Terdapat beberapa fakotr yang menyebabkan kesehatan tulang :

·         JUMLAH KALSIUM DAN ASUPAN MAKANAN
Kepadatan tulang berkurang dapat disebabkan asupan makanan yang rendah akan kandungan kalsium. Hal ini yang nantinya menyebabkan tulang keropos secara dini dan risiko patah tulang meningkat.

·         TINGKAT AKTIVITAS FISIK
Memiliki banyak aktivitas boleh saja asalakan dibarengi dengan mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang lengkap khususnya kandungan kalsium yang tinggi. Namun buakn berarti seseorang yang tidak terlalu sibuk hanya memerlukan asupan makanan tidak sebanyak orang yang memiliki aktivitas tinggi. Karena ternyata orang yang aktivitasnya rendah memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi dibandingkan yang aktif.

·         MEROKOK DAN MENGKONSUMSI ALKOHOL BERLEBIHAN
Menurut suatu penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa merokok merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh. Selain itu, jika mengkonsumsi lebih dari dua botol minuman beralkohol dalam sehari, dapatmeningkatkan osteoporosis karena alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

·         FAKTOR GENDER
Wanita memiliki jaringan tulang lebih sedikit daripada laki-laki.

·         FAKTOR USIA
Pertambahan usia yang sama halnya dengan semakin tua usia tulang maka lebih tipis dan rapuh.

·         FAKTOR RAS, INDEKS MASSA TUBUH DAN GENETIK
Dari segi faktor ras, risiko terbesar adalah ras Mongoloid (asia). Kemudian dari segi indeks massa tubuh, yang memiliki risiko terbesar adalah indeks massa tubuh yang rendah (19 atau kurang). Kemudian yang terakhir segi genetic, memiliki orang tua atau saudara yang mengalami osteoporosis juga memiliki risiko lebih besar.

·         FAKTOR HORMONAL
Kerapuhan tulang dapat disebabkan terlalu banyaknya pembentukan hormon tiroid. Pada wanita, kerapuhan tulang meningkat secara drastic pada masa menopause karena kadar estrogen yang menurun. Pada pria, kadar testosterone yang rendah dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang.

·         GANGGUAN MAKAN
Penderita bulimia memiliki risiko yang tinggi mengalami kerapuhan tulang .

·         PENGGUNAAN OBAT TERTENTU
Penggunaan jangka panjangobat kortikosteroid, seperti prednison, kortison, prednisolon dan deksametason dapat menyebabkan kerusakan tulang. Obat lain yang terkait dengan kerusakan tulang atau peningkatan risiko osteoporosis antara lain : penggunaan jangka panjang inhibitor aromatase untuk mengobati kanker payudara. Obat antidepresan yang disebut selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs). Obat kanker dengan methotrexate, beberapa obat anti-kejang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar