Kamis, 26 April 2012

DIBALIK SIKAP BAYI


            Berbicara mengenai bayi maka hal yang pertama kali terlintas adalah kelucuan sikap-sikap mereka. Percaya atau tidak, sikap lucu bayi mampu membuat sesorang yang ingin meluapkan emosi menjadi tersenyum karena kelucuan bayi-bayi tersebut. seorang ayah yang letih seharian bekerja diuar pun masih menyempatkan diri untuk bermain dengan bayinya.       
Namun tidak banyak yang tahu, sikap bayi yang terlihat sepele bagi kita orang dewasa adalah cara mereka mengungkapakan kemampuannya. Ternyata bayi memiliki banyak kemampuan otak yang cukup cerdas dan menakjubkan.
Berikut ini kemampuan yang dimiliki bayi :
MENGETAHUI SIAPA YANG BERKEDUDUKAN TINGGI
Sejak usia 10 bulan, bayi sudah mampu mengerti hal-hal yang cukup besar. Bedasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal science menunjukan bayi mengerti urutan kedudukan (hirarki) social dan mengetahui ukuran yang dapat menentukan siapa yang bertangggungjawab.
MENGERTI EKSPRESI EMOSI ANJING
Sebelum bayi mampu mengucapakan kata pertamanya, ternyata bayi dapat menguraikan dan mnegrti emosi anjing. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bayi usia 6 bulan dapat menunjukan bahas tubuh yang sesuai . “Emosi adalah salah satu hal pertama yang dapat ditangkap bayi dalam dunia social”,  tutur pemimpin penelitian Ross Flom, seorang professor psikologi di Brigham Young University, Utah. Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Developmental Psychologi.
MEMAHAMI SUASANA HATI DAN EMOSI
Meskipun masih belum dapat bicara, bayi mungkin tahu kapan orang dewasa sedang merasa terpuruk. Sekiar umur 5 bulan, bayi dapat secara akurat memilih sebuah lagu yang dapat membangkitan emosi positif. Hal tersebut bedasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Neuron. Bayi pada usia 9 bulan juga dapat mengidentifikasikan suara sedih dari beberapa lagu.

DAPAT MENARI MENGIKUT IRAMA MUSIK
Berbicara tentang musik, saat mendengar  irama sebuha lagu, bayi tidak dapat diam begitu saja. Ia akan bereaksi ketika mendengar musik. Tidak hanay telinga bayi yang dapat mengikuti ketukan, bayi sebenarnya dapatv menari hal tersebut berdasarkan hasl ebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010. Bayi dapat melakukan gerakan tari dengan tangan, kaki dan badannya sesuai dengan irama atau alunan music. Kemmapuan menari adalah bawaan pada manusia, meskipun para peneliti tidak yakin mengapa hal tersebut dapat berevolusi. Hal penelitian in telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Science.

MENIRU TINDAKAN ORANG LAIN
Tahun 2009, sebuah studi mengungkapkan ketika bayi berusia 9 bulan yang melihat orang dewasa sebagai sebuah objek, maka daerah motor di otak bayi akan diaktifkan seolah-olah benar-benar melakukannya. Para peneliti studi menunjukan bahwa neuron cermin yang banyak berperan. Bayi memiliki kemampuan prediktif yang dapat membantunya menanggapi tindakan orang lain. Hal tersebut berdasrakan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Biology Letters.
BELAJAR DENGAN CEPAT SAAT TIDUR
Pada tahun 2010 dilakukan sebuah studi dan dihasilkan bahwa bayi rupanya bias belajar bahkan saat tidur. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitiian yang telah dilakukan oleh para peneliti dengan mengunakan 26 bayi yang sedang tidur sebagai objek penelitian mereka. “seperti bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar wkatuny untuk tidur, kemampuan tersebut mungkin penting untuk dapat cepat beradaptasi dengan dunia di sekitranya dan membantu untuk memastikan kelangsungan hidup bayi”, tutur peneliti. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Science.



BAYI DAPAT MENGERTI SUARA YANG DITUNJUKAN PADA MEREKA
Dalam sebuah studi tahun 2006, bayi yang berusia 7 bulan dapat mengerti suara atau bunyi yang ditunjukan pada mereka. Hasil studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Acamedy of Science.
DAPAT  MEMBEDAKAN DUA BAHASA YANG BERBEDA
Pada penelitian  2007 yang diterbitkan dalm jurnal Science menunjukan bahwa bayi usia 4-6 bulan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat orang yang berbicara kepadanya mengucapkan kalimat dalam bahasa yang berbeda. Hal tersebut menunjukan bahwa bayi dapat membedakan anatar kedua bahasa tersebut. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi mulai memahami tata bahasa, pengolahan tata bahasa dan kata-kata secara bersamaan pada usia 15 bulan. “bayi yang baru lahir dpaat dikatakan cerdas dalam bahasa karena bayi memiliki kemampuan dengan mudah belajar salah satu hasa di dunia”, tutur psikolog Geogre Hollich dari Purdue University.
DAPAT MENILAI KARAKTER ORANG CUKUP BAIK
Mengelompokan orang lain sebagai bermanfaat atau berbahay sangat penting ketika memilih teman. Dan kemampuan tersebut dapat mulai dimiliki sejak bayi.  Kemampuan menilai karakter dapat menjadi  langkah pertama bayi dalam pembentukan moral. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan pada tahun 2007 di jurnal Nature.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar