Jumat, 19 November 2010

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE SHOP

Website merupakan salah satu kekuatan brand bagi dunia usaha. Tak heranmakin banyak instansi-istansi, perusahaan, pemerintah, hotel, shop store dan lain-lain yang menggunakan layanan ini dalam bisnis meraka . mulai dari promosi sampai pada pilihan menu. Website dapat meningkatkan nilai penjualan dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Tren online marketing mengalami tren naik sangat tajam Indonesia, dari sekitar 1 juta blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta blogger di tahun 2010.



Internet marketing sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com. Kemudian disusul dengan lahirnya www.google.com (1998-1999). Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara lain : www.friendster.com dan www.facebook.com Oleh Mark Zukenberg.


Kemajuan yang sangat pesat ini membuat internet menjadi kebutuhan dalam kehidupan saat ini. Dengan internet kita hanya mendapatkan informasi lebih lengkap dan cepat, tapi kita juga berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising atau dapat dikatakan hanya dengan duduk di depan komputer kita dapat melakukan bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan biaya.


Kita ambil contoh bisnis online shop. Tidak hanya melalui google atau blogger, dengan menggunaka jejaring social yang saat ini sedang marak atau yang lebih kita kenal dengan nama Facebook ini kita dapat memulai bisnis online shop. Cukup bermodalkan computer, internet, atm, hp, barang-barang yang akan diperjualbelikan dan lain-lain saja kita sudah dapat memulai usaha online shop . sangat mudah dan tidak membutuhakn banyak tenaga. Cukup menambah teman dan mempromosikan setiap barng-barang terbaru yang akan dijual juga tidak lupa dengan keistimewaan-istimewaan tertentu, bisnis online shop sudah berjalan.

             Berikut keuntungan-keuntungan yang didapat dari bisnis online shop :

1.     bisnis online bisa di lakukan dari mana pun. Entah dari warnet, entah dari kampus, entah dari rumah yang penting tersambung dengan koneksi internet.
2.     bisnis online itu mudah, Cukup dengan duduk, ketak-ketik, dan selesailah sudah. Sambil nonton TV & minum es teh manis, nikmat sekali.
3.     bisnis online Tidak perlu pintar matematika fisika kimia, hanya perlu tahu caranya & tekun menjalankannya.
4.     Modal relatif kecil Ya betul, kecil. Tidak perlu menggunakan toko yang modalnya bisa ratusan juta.
5.     Bisa dilakukan sendiri atau keluarga dan tidak perlu karyawan yang banyak. 

             Dan jika bicara tentang perkembangannya. Tidak perlu susah-susah mencari informasi . Dengan kasat mata kita bisa melihat begitu banyak onlineshop dan sejenisnya beredar di dunia maya dalam naungan facebook. Jadi bisa dikatakan online shop bukan hal baru melainkan sebuah peluang bisnis yang menguntungkan
Selamat mencoba :)

1 komentar: