Senin, 10 Oktober 2011

CARA MEMAJUKAN KOPERASI DI INDONESIA

Koperasi adalah suatu organisasi yang dimiliki dan dioperasikan orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat diberbagai daerah khususnya pada kawasan masyarakat menengah kebawah.

Melihat keberadaannya dan perannya dalam perekonomian masyarakat mengah kebawah, seharusnya koperasi sudah bisa secara menyeluruh rata-rata kondisi koperasi mapan. Namun pada kenyataannya masi banyak kita temui keadaaan-keadaan diluar tujuan yang diharapkan.

Menyambung dari tulisan, kali ini kita akan membahas mengenai cara memajukan koperasi di Indonesia. Kita tahu dengan jelas asas kekeluargaan yang digunakan oleh koperasi sebagai landasan keberadaan koperasi dapat dikatakan sebagai salah satu faktor timbulnya konflik . sebagai contoh konflik antara pemilik organisasi dengan pengelolanya .

Sebenarnya perkembangan koperasi di Indonesia sekarang ini mengalami peningkatan. Jumlah koperasi primer tingkat nasional mencapai 873 unit dan koperasi sekunder menjadi 165 unit.
Sedangkan total koperasi Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 149.793 Koperasi, jumlah yang tidak sedikit. Secara Jumlah ini memang cukup luar biasa tetapi secara kualitas masih jauh dibawah usaha-usaha kapitalis apalagi jika dibandingkan dengan koperasi internasional, selain itu pada tahun 2008 jumlah koperasi berkualitas mencapai 42.267. walaupun kita tetap tidak bisa memungkiri adanya konflik-konflik yang telah dibahas diatas.






Ada beberapa cara atau solusi untuk memajukan koperasi di Indonesia, yaitu :

1.   Meningkatkan mutu / kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Meningkatkan kinerja anggota koperasi dengan cara memberikan training/pelatihan setiap 3bulan sekali dan meningkatkan daya jual koperasi. Dengan adanya pelatihan ini, dpata menciptakan sumber daya-sumber daya manusia yang lebih berkualitas, tidak takut untuk mencoba dan menciptakan peluang-peluang yang bagus, memiliki pikiran yang terbuka khususnya dalam menghadapi kemajuan jaman.

2.   Kreatifitas produk-produk.

Meningkatkan mutu tidak hanya dari kualitas sumber daya manusia tapi juga dari mutu produk yang dihasilkan. Hal ini juga dpat dijadikan sebagai salah satu daya tarik koperasi untuk meningkatkan anggotanya .

3.   Meningkatkan Modal

Dalam hal ini, kita tidak bisa memungkiri keterkaitan antara modal dengan dua solusi di atas. Tanpa adanya modal yang memadai kita juga tidak dapat memaksimalkan hal-hal diatas. Namun

4.   Sarana Prasarana

Keterbatasan saran dalam pengembangan koperasi juga salah satu hal yang harus diperhatikan. Tanpa ada sarana yang memadai, kemajuan akan perkembangan koperasi pun tidak akan dapat berjalan dengan baik.






5.   Sasaran yang tepat

Yang dimaksud dalam solusi ini adalah kejelasan sasaran koperasi yang tepat atau kepada siapa koperasi ini ditujukan. Adapun sasaran atau target dari koperasi adalah dalah pemasaran terpusat (concentrated marketing), yaitu merangkul bagian pasar yang luas dari satu atau sedikit segmen pasar dari pada memperoleh bagian pasar yang luas

6.   Segmentasi

Koperasi harus mengetahui dengan jelas data siapa-siapa saja anggota dari koperasi tersebut yang kemudian nantinya akn digunakan untuk pekerjaan koperasi tersebut. Dengan adanya data-data ini, maka koperasi pun dapat menentukan dengan mudah hal apa sajakah yang dibutuhkan dan diproduksi guna kesejahteraan anggotanya.



REFERENSI : dari berbagai sumber 

1 komentar: