Rabu, 30 Maret 2011

Kebijakan Moneter


Kebijakan moneter adalah sebuah tindakan yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengatur perekonomian melalui peredaran uang dan tingkat suku bunga. Kebijakan ini di jalankan oleh pemerintah melalui suatu lembaga keuangan yaitu Bank Indonesia sebagai Bank sentral.

Bank Indonesia memiliki tujuan untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah . Tujuan ini juga tercantum dalam UU No.3 tahun 2004 pasal 7 tentang Bank Indonesia .

Kebijakan moneter dilihatt dari jumlah uang yang beredar dibedakan menjadi :

  • Kebijakan Moneter ekspansif (monetary expansive)
Pemerintah melakukan penambahan jumlah uang yang beredar.

  • Kebijakan Moneter Kontraktif (monetary contractive)
Pemerintah melakukan pengurangan jumlah uang yang beredar.

Kebijakan moneter juga terbagi atas 2 :

  • Kebijakan Moneter Kuantitatif
Kebijakan ini mengatur uang beredar dan tingkat suku bunga dari segi kauntitas. Kebijakan ini dijalanakn dengan tiga cara :

    1. Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operation)
Kegiatan pemerintah dalam mengendalikan jumlah uang beredar dengan cara menjual atau membeli surat-surat berharga milik pemerintah (goverment securities). Jika jumlah uang yang beredar akan dikurangi, maka pemerintah menjual suratsurat berharga (Open Market Selling). Namun jika pemerintah menganggap perlu menambahakan jumlah uang yang beredar maka SBI/SBPU yang telah dijual dibeli kembali.

    1. Fasilitas Diskonto (Discount Rate)
Adalah tingkat bunga yang ditetapkan pemerintah atas bank-bank umum yang meminjam ke bank sentral.

    1. Rasio Cadangan Wajib (Reserve Requirement Ratio)
Jika rasio cadangan wajib diperbesar, maka kemampuan bank memberikan kredit akan lebih kecil dibandingkan sebelumnya dan sebaliknya .

Diluar ketiga hal diatas, ada pula satu instrument lain yang dapat dilakukan pemerintah yaitu  Imbauan Moral (Moral persuasion) . Dengan imbauan ini, otoritas moneter mencoba mengarahakan atau mengendalikan jumlah uang yang beredar. Sebagai contoh Gubernur Bank Indonesia dapat memberikan saran agar perbankan berhati-hati dengan kreditnya atau membatasi menggunakan fasilitas diskonto yang dimiliki.

  • Kebijakan Moneter Kualitatif
Adalah kebijakan untuk mengatur dan menghimbau pihak bank umum/lembaga keuangan lainnya baik dalam hal manajemen maupun produk yang ditawarkan kepada masyarakat untuk membantu atau mendukung kebijakasanaan moneter kuantitatif yang sedang dijalankan oleh pihak Bank Indonesia. Dengan kata lain kebijakan moneter kualitatif mendukung atau membantu kesuksesan dari kebijakan moneter kuantitatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar