Jumat, 01 April 2011

PENGANGGURAN


Pengangguran adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran atau yang juga dikenal dengan sebutan tuna karya, terjadi disebabkan jumlah tenaga kerja yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada. Dengan pengangguran ini juga dapat menjadi masalah dalam perekonomian, karena produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.
Pengangguran merupakan permasalahan hampir semua negara. Di Indonesia sendiri  tahun 2006 diperkirakan jumlah pengangguran 12,50 % atau berada pada urutan ke-133 serupa dengan tingkat pengangguran pada negara Grenada (2000) dan Syria (2005) yang menempati urutan 131 dan 132.
Pengangguran terbagi atas beberapa jenis yaitu :
  • Pengangguran Friksionil

Pengangguran yang terjadi karenaseseorang memilih menganggur sambil menunggu pekerjaan yang lebih baik.
  • Pengangguran Struktural

Pengangguran yang terjadi karena seseorang diberhentikan oleh perusahaan karena kondisi perusahaan yang sedang mengalami kemunduran usaha sehingga terpaksa mengurangi jumlah pekerja.
  • Pengangguran Teknologi

Pengangguran yang terjadi karena mulai digunakannya teknologi yang menggantikan tenaga manusia.
  • Pengangguran Siklikal

Pengangguran yang terjadi karena terjadinya pengurangan tenaga kerja yang secara menyeluruh, dikarenakan kemunduran dan resesi ekonomi.
  • Pengangguran Musiman

Pengangguran yang terbentuk karena dipengaruhi oleh musim.
  • Pengangguran Tidak Kentara

Pengangguran yang secara fisik dan sepintas tidak kelihatan, namun secara ekonomi dapat dibuktikan bahwa orang tersebut sungguh-sungguh menganggur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar