Selasa, 05 April 2011

KEMISKINAN

Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, minuman , tempat tinggal dll. Kemiskinan dapat juga dipandang sebagai gambaran kekurangan materi, gambaran tentang kebutuhan sosial dan gambaran tentang kurangnya penhasilan dan kekayaan yang memadai.
Kemiskinan selalu menjadi masalah bukan hany di Indonesia. Di dunia menurut laporan bank dunia , ada tahun 1998 terdapart 1,2 miliar orang miskin dari sekitar 5 miliar lebih jumlah penduduk di dunia. Sebagian besar jumlah terbut berada Asia Selatan (43,5%) yang terkonsentrasi di India, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka dan Pakistan. Pada urutan kedua ditempati oleh Afrika Sub Sahara (24,3%). Kemisikinan diwilayah in terutama terjadi karena kondisi tanah ynga tidak mendukung kegiatan pertanian.


Dalam kemiskinan  terdapat beberapa indikator yang biasa digunakan yaitu :
  • Kemiskinan Relatif

Keadaan dimana seseorang memiliki pendapatan di bawah pendapatan sekitarnya atau ia berada pada tingkatan yang paling bawah pada kelompoknya.
  • Kemiskinan Absolut

Keadaan dimana seseorang tidak dapt memenuhi kebutuhan mendasar  atau kebutuhan pokok untuk keberlangsungan hidup (makanan, pendidikan, tempat tinggal dll).
  • Kemiskinan Kultural

Budaya masyarakat yang “menerima” kemiskinan bahkan tidak merespon bantuan yang diberiakan untuk keluar dari kemiskinan tersebut.
  • Kemiskinan Struktural

Disebabkan oleh struktur dan system ekonomi yang timpang dan tidak berpihak pada orang miskin.

Sebab-sebab kemiskinan di Indonesia :

Ketidakmampuan mengelola sumber daya alam secara maksimal


Kebijakan ekonomi yang tidak komitmen terhadap penanggulangan kemiskinan dan terlihat hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi saja.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar