Senin, 30 Mei 2011

REVOLUSI SEKTOR JASA

Berbicara mengenai kebutuhan, maka setiap kita akan fokus pada dua hal yaitu barang dan jasa. Di Indonesia sendiri, sektor ini masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Bahkan dibangdingkan dengan negara Australia dan Filipina, berdasarkan Asumsi Bank Dunia , Indonesia masih tertinggal jauh dari kedua negara tersebut.

Kita semua mengetahui sektor ini memeiliki peranan penting dalam perekonomian. Namun pada kenyataannya, dalam neraca pembayaran Indonesia, neraca jasa selalu mencatat defisit dengan kecenderungan yang meningkat. Jasa-jasa dalam neraca pembayaran Indonesia terdiri atas jasa-jasa non-faktor dan faktor. Jasa-jasa non-faktor dibagi lagi menjadi jasa transportasi, pariwisata, dan komunikasi. Sementara itu, jasa-jasa faktor terdiri dari transaksi jasa dalam kelompok penghasilan (income) dan kelompok transfer.

Karakteristik Neraca Jasa Indonesia selalu menunjukkan pengeluaran yang lebih besar dibandingkan dengan penerimaannya, sehingga karakteristik neraca jasa selalu menunjukkan defisit. Pada umumnya, neraca jasa mempunyai karakteristik yang menunjukkan selalu defisit pada neraca jasa nonmigas dan selalu surplus pada neraca jasa migas. Defisitnya neraca jasa terutama berkaitan erat dengan cukup besarnya pengeluaran untuk pembayaran bunga utang dan biaya transportasi impor barang.

Adapun untuk perkembangan Jasa tenaga kerja ternyata juga menjadi masalah yang dihadapai dunia . personal movement atau yang dikenal dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini kini menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Dengan adanya globalisasi atau perdagangan bebas, persaingan bagi tenaga kerja Indonesia tidak hanya memperebutakan peluang pasar kerja diluar negri namun juga memperebutkan peluang pasar kerja yang ada didalam negeri . hal ini di karena kan tenaga kerja asing lebih berkompeten.

Maka dapat dikatakan bahwa kinerja atau kualitas bangsa Indonesia akan sangat tergantung pada sumber daya manusianya bukan lagi pada sumber daya alam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar